15 Fakta Menarik Durian

niddurian.com

Putar mundur satu abad ke belakang atau maju satu abad ke depan hari ini, di mana pun Anda berdiri dan berbicara tentang buah-buahan yang dapat dimakan yang dikenal manusia, Anda akan selalu menemukan Durian dalam daftar.

Buah super bau ini akan mengingatkan Anda tentang sigung (landak bau) pada saat pertaman kali melihatnya. Mari kita belajar 15 fakta Durian yang menarik dan mencari tahu mengapa, meskipun baunya menjijikkan, masih disebut raja dari semua buah.

Fakta Menarik Durian

  1. Durian memiliki kulit runcing hijau atau kekuningan-hijau yang akan segera mengingatkan Anda tentang sigung (landak bau) saat pertama kali melihatnya. Namun, kontras dengan eksteriornya yang sangat tidak ramah, buah ini memiliki interior yang sangat menarik, segar dan kuning cerah.
  2. Meskipun interiornya sangat mengundang sejauh menyangkut penglihatan, ketika sampai pada indra penciuman, indra penciuman akan segera berteriak minta tolong dengan satu aroma buah. Ini sangat bau dan baunya seperti … um … kita tidak tahu … mungkin kaus kaki olahraga busuk atau mungkin sesuatu yang lebih buruk!
  3. Buah selebar 1 kaki dan 6 inci ini adalah asli Brunei, Indonesia dan Malaysia. Beberapa orang menganggap itu asli bahkan untuk Filipina tetapi ada beberapa kontroversi mengenai hal ini. Asia Tenggara sering menyebutnya sebagai ‘Raja Buah’ meskipun baunya tidak enak.
  4. Buah ini telah mendapatkan moniker karena banyak manfaat kesehatan yang ditawarkan. Salah satu manfaat pertama yang terlintas dalam pikiran adalah kemampuannya untuk dengan cepat mengisi kembali energi. Sangat kaya karbohidrat, 100 gram Durian mampu menawarkan 21% kebutuhan karbohidrat harian dan meningkatkan tingkat energi dengan cepat.
  5. Mereka yang menderita kehidupan seks yang tidak bahagia dapat beralih ke buah ini karena kemampuannya untuk meningkatkan libido. Studi terbaru menunjukkan bahwa Durian memiliki kemampuan untuk meningkatkan mobilitas sperma dan mengurangi peluang infertilitas pada pria dan wanita.
  6. Durian telah ditemukan sebagai sumber asam folat yang kaya yang diperlukan untuk pengembangan sel darah merah. Konsentrat folat tinggi Durian bersama dengan kandungan besi dan tembaga yang kaya membantu meningkatkan kondisi kesehatan pasien anemia.
  7. Mereka yang menderita diabetes dapat menikmati buah ini jika mereka mampu menahan baunya. Durian kaya akan mangan yang membantu mengatur kadar gula darah dan menurunkannya ke tingkat yang diinginkan.
  8. Durian sangat cocok untuk mereka yang ingin menurunkan kolesterol jahat. Buah ini benar-benar nol kolesterol dan memiliki konsentrasi tinggi lemak tak jenuh tunggal yang dikenal untuk melawan kolesterol jahat dan menjaga penyakit kardiovaskular.
  9. Buah ini juga dikenal memiliki jumlah organosulfur yang baik yang membantu dalam mengatur enzim inflamasi yang diketahui menyebabkan penyakit kardiovaskular. Selain itu, buah ini juga diberkahi dengan kandungan kalium tinggi yang dikenal untuk melawan dan mempertahankan kandungan natrium dalam tubuh dan mengatur hipertensi.
  10. Durian juga tinggi serat makanan dan karenanya, mereka yang menderita sembelit kronis dapat sangat memperoleh manfaat dari konsumsi buah ini. Tidak hanya itu, kehadiran niasin dan tiamin dalam buah membantu meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan fungsi sistem pencernaan secara keseluruhan.
  11. Mereka yang menderita stres oksidatif yang disebabkan oleh adanya radikal bebas yang berlebihan di dalam tubuh juga dapat mengambil manfaat dari buah ini. Durian kaya akan vitamin C yang dikenal sebagai antioksidan yang sangat kuat. Vitamin C melawan radikal bebas, mengurangi stres oksidatif dan memperlambat proses penuaan.
  12. Kandungan kaya vitamin B kompleks, kalium dan kalsium membantu menjaga kesehatan gigi dan tulang. Mereka yang menderita osteoporosis dapat memakan buah ini untuk mengatasi penyakitnya.
  13. Durian memiliki banyak antioksidan seperti vitamin C, vitamin B kompleks dan vitamin E. Semua antioksidan ini diketahui dapat menghilangkan radikal bebas yang memiliki kemampuan menghancurkan DNA dan mengubah sel normal menjadi sel kanker. Dengan demikian, Durian sebenarnya dapat membantu mencegah kanker.
  14. Buah bau ini juga dikenal untuk menyembuhkan insomnia. Durian kaya akan triptofan yang, setelah memasuki tubuh, masuk ke otak dan diubah menjadi serotonin, menghasilkan perasaan bahagia dan rileks. Serotonin ini kemudian membanjiri darah dengan melatonin, menciptakan perasaan lelah dan akhirnya membuat seseorang tertidur.
  15. Durian tidak dipanen dalam pengertian konvensional. Ketika buah matang, ia jatuh dari pohon secara otomatis. Buah-buah yang jatuh kemudian diambil dan dijual. Nah, mengingat ukuran buahnya, Durian yang jatuh bisa berisiko bagi pejalan kaki. Untuk mencegah kecelakaan, jaring besar diikat dengan pohon pada ketinggian tertentu sehingga buah yang jatuh tidak mengarah ke kecelakaan.

Itulah 15 fakat menarik mengenai durian. Untuk mengetahui fakta menarik mengenai tumbuhan lainnya kunjungi bukanarjuna.com. Terimakasih.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*