Cara Membersihkan & Merawat Karpet Masjid

Cara Membersihkan & Merawat Karpet Masjid

Kualitas dan bahan yang digunakan karpet masjid sangat berpengaruh. Ini terkait langsung dengan pemeliharaan karpet yang perlu dilakukan secara rutin.

Karpet yang baik harus memiliki serat kain yang lebih baik, sehingga perlu perawatan khusus untuk merawatnya. Berikut 7 cara merawat karpet masjid.

Cara Membersihkan & Merawat Karpet Masjid
Cara Membersihkan & Merawat Karpet Masjid

Hilangkan Bau Karpet Masjid

Bentuk utama pemeliharaan karpet masjid adalah menghilangkan bau busuk karena sering digunakan. Sebenarnya ini hanya normal karena setiap karpet yang digunakan pasti dapat menyebabkan bau apek. Karena itu, metode perawatannya adalah menggunakan parfum yang disemprotkan di atas karpet.

Selain deodoran, bahan alami yang bisa dihilangkan bau badannya, yaitu baking soda, juga bisa digunakan. Caranya adalah dengan menaburkan baking soda ini di seluruh permukaan karpet secara merata. Kemudian, diamkan selama 45 menit agar baking soda terus berfungsi dengan baik. Setelah itu bersihkan dengan penyedot debu.

Hilangkan Debu dengan Alat

Hal pertama yang harus dilakukan dalam merawat karpet masjid adalah menyingkirkan debu yang menempel di karpet. Ini harus dilakukan terlebih dahulu, bahkan jika perlu segera setelah membeli karpet dan memasangnya di masjid. Debu biasanya dihilangkan dengan penyedot debu.

Tujuannya untuk memaksimalkan penghilangan debu secara efisien dan waktu singkat. Saat menggunakan penyedot debu, mungkin perlu waktu, jadi diperlukan lebih dari satu alat. Apalagi untuk digunakan di masjid cukup besar, jadi ini harus disiapkan terlebih dahulu.

Bersihkan Karpet Dengan Air

Metode perawatan selanjutnya adalah menyemprotkan karpet dengan air. Tentu saja, gunakan air bersih setelah proses penghilangan debu. Saat menyemprotkan air, hindari menggunakan ember, karena akan sangat lelah dan karpet tidak akan terlalu bersih. Bahkan hanya basah akan ada debu di karpet

Metode terbaik adalah dengan menggunakan semprotan tekanan tinggi yang besar. Semprota dapat digunakan secara umum saat mencuci sepeda motor atau mobil. Semprotan ini tidak sulit digunakan dan bisa sangat efektif dalam menghilangkan debu dan kotoran. Taburkan merata di atas karpet secara merata di semua bagian.

Sabunlah Karpet Masjid

Saat membersihkan kotoran di karpet masjid, Anda harus menggunakan sabun khusus untuk itu. Jadi jangan gunakan sabun yang tidak membersihkan karpet dengan benar. Sabun pembersih khusus ini dapat ditemukan di banyak tempat karena proses penjualannya sangat komersial.

Tidak perlu untuk beberapa pesanan atau bahkan diimpor dari luar negeri.
Tujuan menggunakan sabun khusus ini juga untuk melindungi karpet dari kerusakan yang dapat disebabkan oleh sabun biasa.

Karena dalam sabun biasa, ada molekul atau bahan yang bisa memasok serat tekstil di atas karpet. Untuk menggunakan sabun khusus ini harus ada biaya. Ini bisa diperkirakan dari awal dengan menyesuaikan harga karpet masjid yang dipilih.

Keringkan / Jemur Dengan baik

Jika ada lebih banyak waktu, karpet masjid harus dikeringkan dengan baik. Caranya adalah menghindari sinar matahari langsung karena akan merusak permukaan karpet. Selain itu, warnanya bisa pudar dan bahkan kurang bagus karena terkena sinar matahari langsung.

Untuk hasil terbaik, keringkan di area tertutup untuk melindungi dari sinar matahari dan hujan yang mungkin tiba-tiba jatuh. Angin sepoi-sepoi bisa sangat membantu dalam proses ini.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*