jenis jenis kaktus

Jenis-Jenis Kaktus

Siapa yang tidak kenal tanaman kaktus? Tanaman gurun yang khas ini terkenal dengan ukurannya yang besar, duri pada semua permukaan, dan mampu bertahan hidup dengan sedikit air.

Sekarang, tanaman kaktus dapat ditemukan tidak hanya di padang pasir tetapi juga di rumah-rumah. Tentu saja dalam ukuran yang lebih kecil atau biasa disebut sebagai kaktus hias atau sering juga disebut kaktus mini.

Kaktus hias, bersama dengan sukulen, juga merupakan tanaman favorit untuk mendekorasi taman kering. Kaktus hias ini tidak membutuhkan area tanam besar, hanya pot kecil.

Bagi Anda yang mengaku sebagai pecinta tanaman, berikut adalah 14 jenis kaktus mini yang harus dimiliki. Ayo, lihat daftarnya!

Jenis-Jenis Kaktus Untuk Hiasan Rumah

1. Ariocarpus Mini Cactus

Secara umum, kaktus memiliki duri di daunnya. Namun, jenis kaktus hias Ariocarpus ini tidak memiliki duri sama sekali.

Daun mini kaktus ini memiliki bentuk prisma. Ada tepi melengkung, tumpul, atau runcing.

Bunganya besar, hampir seukuran batang dan memiliki beragam warna seperti ungu, putih, merah muda, kuning, dan merah.

2. Mini Astrophytum Cactus

Jenis mini Astrophytum cactus ini terlihat seperti belimbing atau belimbing. Bunganya berwarna kuning, merah dan merah muda.

Batangnya dibentuk seperti bola. Mini kaktus jenis ini termasuk mudah berbunga.

Untuk memancing tumbuhnya bunga, Anda bisa meletakkan kaktus hias ini di ruangan dengan suhu sekitar 40º Celcius tetapi tidak terlalu banyak terpapar sinar matahari.

Bagi kalian yang ingin mengetahui jenis flora dan juga fauna silahkan kunjungi website resmi kami: https://jendralgaram.com/

3. Cereus Tetragonus Mini Cactus

Mini kaktus berikutnya yang dapat Anda pelihara di rumah adalah jenis mini cereus tetragonous. Kaktus mini ini berasal dari Amerika dan dapat tumbuh tinggi.

Bentuknya menyerupai kastil sehingga sangat cocok untuk diletakkan di pagar atau hiasan jendela di dalam rumah.

4. Cephalocereus Cactus Senilis Mini

Cephalocereus senilis mini type cactus sering juga disebut sebagai induk kaktus. Semua bagian dari kaktus mini ini diisi dengan rambut putih panjang, seperti kakek-nenek dalam film kolosal.

Tidak tanggung-tanggung, rambut putih bisa tumbuh hingga 12 cm. Agar kaktus ini hidup dan berkembang, Anda harus meletakkannya di area di mana suhunya sekitar 32-40º Celcius.

5. Echinocactus Grusonii Mini Cactus

Jenis kaktus Echinocactus grusonii mini terlihat seperti barel. Kaktus yang berasal dari Meksiko dan Texas sering juga disebut sebagai tong emas, alias tong emas.

Alasannya adalah bahwa duri pada semua permukaan yang berwarna kuning kecoklatan membuatnya tampak seperti tong emas.

Kaktus jenis ini adalah favorit para pecinta tanaman dan harganya cukup tinggi. Kaktus jenis ini sangat pas untuk rumah dengan interior Skandinavia.

6. Echinofossulocactus Mini Cactus

Kaktus mini ini terlihat unik karena batang hijau gelapnya dikelilingi duri yang cukup besar. Echinofossulocactus mini cactus adalah kaktus yang tumbuh lambat.

Butuh waktu sekitar 3 tahun untuk mengeluarkan bunga. Bunganya sendiri berwarna putih, merah dan kuning.

7. Ferocactus Mini Cactus

Mini kaktus jenis ferocactus terlihat cukup menyeramkan bagi orang awam, tetapi indah di mata pecinta tanaman. Kaktus ini bulat dengan batang melengkung.

Tauge tumbuh secara acak dan tidak lebih besar dari ukuran kaktus itu sendiri. Kaktus yang tidak memiliki bunga ini terlihat menarik berkat duri merah muda merah muda.

_

Nah sampai disini dulu pembahasan kita kali ini mengenai jenis dan penjelasan tentang kaktus. Semoga apa yang disampaikan penulis kali dapat bermanfaat.

Sekian Terima Kasih.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*