Pengertian First In First Out (FIFO)

Karena penyaluran logistik bukan sekedar menyalurkan barang dari suatu pihak ke pihak lain namun juga berkaitan dengan perencanaan, pengorganisasian dan pengendalian yang tepat sehingga tercapai efisiensi pencapaian tujuan organisasi. • Petugas gudang selalu merapikan kembali barang yang habis dipakai. Hal ini untuk memudahkan dalam penerimaan, penyimpanan, penyusunan, pemeliharaan, pencarian, pendistribusian dan pengawasan logistik dan peralatan.

• Gudang luas dengan banyak barang sebaiknya dilengkapi peta gudang. • Barang sejenis tetapi bermacam – macam ukuran dikelompokkan jadi satu dengan mengurutkan dari ukuran terkecil sampai terbesar. 10. Barang – barang kecil yang sejenis dan mudah dicuri diletakkan ditempat khusus yang aman atau terkunci.

Barang-barang seperti almari kayu haruslah tetap kering agar tidak dimakan rayap. Yang dimaksud barang yang dapat mempengaruhi kualitas barang lain di sini, misalnya ada barang yang harus dihindarkan dari bau yang tajam seperti durian, alkohol, maupun bahan kimia lain. Barang yang mudah terbakar karena meningkatnya temperatur seperti parfum, dan sejenisnya biasanya dirawat dengan antisipasi berupa mengatur ventilasi, serta sediakan alat pengukur suhu dan sediakan alat pemadam kebakaran.

Barang-barang seperti berkas-berkas kantor, kertas-kertas dokumen, dll biasanya perawatannya dengan cara diberi kapur barus dan anti ngengat. Sewa gudang surabaya waringinwarehouse.com Barang barang yang terbuat dari logam misalnya meja besi, brankas, lemari besi dan sejenisnya biasanya perawatannya dengan cara diberi valesin/minyak dan dibungkus kertas khusus. Penggolongan barang berdasarkan bahan pembuatnya serta perawatannya, antara lain:

Logistik dan peralatan disusun di atas pallet secara rapih dan teratur, sesuai dengan ketentuan. First In First Out (FIFO) yaitu logistik dan peralatan yang pertama masuk adalah yang pertama harus keluar. Maka dari itu dalam fungsi penyimpanan barang diperlukan pemeliharaan dan perawatan barang dengan baik.

Jelaskan pemeliharaan dan perawatan barang dalam gudang! Barang yang masuk biasanya diletakkan di dekat pntu keluar barang begitu seterusnya. Pintu pertama merupakan pintu masuk barang sedangkan pintu kedua merupakan pintu khusus keluar barang.

Biasanya gudang yang menggunakan sistem ini mempunyai dua pintu. Selain itu konsumen atau pihak pemakai barang kurang puas dengan kualitas barang karena barang yang diterima merupakan barang lama yang dianggap barang tersebut kualitasnya kurang baik. Hal ini dikarenakan keluarnya barang secara berurutan atau sesuai kronologis.

Yang mana petugas pencatatan barang masuk dan barang keluar akan lebih mudah mengontrol. Dengan kata lain perusahaan mampu mengendalikan harga pasar. Berkaitan dengan kelebihan sebelumnya yaitu kualitas barang yang tetap terjamin maka nantinya kekhawatiran bahwa harga barang tersebut akan anjlok dapat dihindari.

Jadi barang tidak terlalu lama tersimpan dalam gudang. Sistem ini sebenarnya memiliki banyak kelebihan, antara lain: Begitu juga sebaliknya jika barang itu kurang bisa tahan lama dan dikhawatirkan jika barang yang datang disimpan terlalu lama akan merusak kualitas barang itu sendiri.

Jika barang itu mampu bertahan lama dan akan menjadi lebih baik jika disimpan lebih lama maka alangkah baiknya jika digunakan metode LIFO. Sistem ini biasanya digunakan untuk barang barang yang kurang bisa tahan lama. Jadi keluarnya barang secara berurutan atau sesuai kronologis.

Pendataan jumlah dan mutu logistik dan peralatan harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku/layak untuk diberikan kepada korban bencana.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*