Pengertian Gudang Pusat Distribusi

Diantara kedua gudang diatas, ada juga sebuah gudang pusat distribusi yang biasanya digunakan untuk menyimpan produk dalam jangka waktu yang sangat cepat (transit).

Sebagai contoh bisa diambil seperti jaringan riter besar yang telah menyediakan sebuah gudang secara khusus untuk dioperasikan dalam hal menerima serta mendistribusikan tiap produk yang mereka miliki menuju toko-toko ataupun grosir. 10. jelaskan proses penerimaan barang di gudang. 9. jelaskan prosedur penyimpanan barang digudang.

Baca Juga : Pengertian FIFO

15. Barang yang bersifat fast moving disimpan dilokasi yang dekat dengan pintu keluar, sebaliknya barang yang bersifat slow moving disimpan dilokasi yang dekat dengan pintu masuk. 10. Macam Gudang berdasarkan jenis barang yang di simpan kecuali…. B. melakukan pengelompokkan barang sesuai jenis barangnya.

Prosedur penyimpanan barang digudang antara lain: Berdasarkan arus keluar masuk barang, terdapat beberapa bentuk layout gudang yang dapat diterapkan, yaitu: a. Arus garis lurus sederhana. 2. apakah yang sesuai penyimpanannya dengan jenis-jenis layout tersebut dan tuliskan alasannya.

Diskusikanlah tentang layout gudang berdasarkan arus keluar masuk barang. Pengeluaran barang dari gudang sesuai permintaan yang tercantum dalam bon barang. Dalam penyimpanan barang digudang diperlukan adanya perhatian dalam rangka pemeliharaan agar tetap dalam kondisi yang baik antara lain:

2. melakukan pengelompokkan barang sesuai jenis barangnya. Adapun prosedur penyimpanan barang digudang antara lain: C. bahan atau barang yang disimpan untuk dipakai.

Jenis barang yang disimpan, antara laian: 4. keadaan barang/produk digudang tersimpan dengan baik. 1. setiap barang yang datang dimasukkan dulu kedalam gudang sementara untuk diperiksa faktur atau bukti kirim.

Dengan demikian penyimpanan barang digudang perlu menempuh suatu prosedur tertentu dengan tahapan sebagai berikut: Gudang distribusi menerima barang dari berbagai pabrik perusahaan pemasok dan memindahkannya secepat mungkin. Gudang penyimpanan barang untuk jangka waktu lama.

2. gudang penyimpanan barang setengah jadi. 3. Freefort ( Free Trade Zone) adalah suatu daerah pelabuhan yang bebas untuk keluar masuk barang -barang tanpa adanya pengenaan bea keluar atau bea masuk yang dibebankan atas barang-barang tersebut. Sebagai contoh, jaringan ritel besar menyediakan gudang untuk toko mereka atau grosir mengoperasikan sebuah gudang di mana ia menerima dan mendistribusikan produk.

Barang yang bersifat fast moving disimpan dilokasi yang dekat dengan pintu keluar, sebaliknya barang yang bersifat slow moving disimpan dilokasi yang dekat dengan pintu masuk. Berdasarkan arus keluar masuk barang, terdapat beberapa bentuk layout gudang yang dapat diterapkan, yaitu: Selain ditentukan oleh besar ruangan, kapasitas gudang juga ditentukan oleh cara mengatur letak barang yang disimpan (layout ruang gudang).

D. Faktor yang hendak diambil oleh pihak manajemen gudang yang meliputi faktor kehabisan barang, faktor kekurangan tempat penyimpanan pada saat barang tiba di gudang. C. Jumlah atau banyaknya barang yang harus disimpan dan frekuensi keluar masuknya barang. F. Pergudangan penyimpanan barang penting (Bulk storage warehouses).

D. Gudang barang-barang rumah tangga (household goods warehouses). A. adanya ruangan : ruangan terbuka adalah ruangan yang dibentuk tanpa atap dan tanpa pagar, biasanya ruangan terbuka dipergunakan untuk menyimpan barang-barang yang tahan cuaca. Gudang adalah ruangan untuk menyimpan barang yang berdinding, beratap dan terkunci.

ยง Menurut John Warman (2004), gudang (kata benda) adalah bangunan yang dipergunakan untuk menyimpan barang dagangan.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*