Sekilas Info Tentang Buah Nangka

forbes.com

Deskripsi & Rasa

Nangka adalah nama buah dan pohon tempat ia tumbuh. Nangka tumbuh di cabang dan batang pohon yang tingginya bisa mencapai 20 meter. Nangka mulai dari kecil, polong berbunga di ujung batang hijau lurus. Saat mereka dewasa dan membesar, bunga-bunga itu jatuh memperlihatkan ratusan tonjolan kecil, keras, berbentuk kerucut.

Pada saat kematangan penuh, Nangka dapat mencapai panjang hingga 80 sentimeter dan lebar 50 sentimeter, dan dapat memiliki berat antara 10 hingga 50 pound. Kulit nangka akan berubah warna dari hijau terang menjadi kuning kusam saat matang dan mungkin mengembangkan bercak gelap.

Nangka yang matang sepenuhnya akan jatuh dari pohon, sehingga sering dipanen lebih awal untuk menghindari buah-buah besar jatuh di atas siapa pun.

Di dalam buah, tepat di bawah kulit adalah ‘umbi’ kuning cerah yang membentuk bagian nangka yang dapat dimakan. Inti empuk mengalir sepanjang buah dan menghubungkan umbi ke kulit. Umbi berdaging panjangnya 5 sampai 7 sentimeter dan berbentuk segitiga.

Nangka muda memiliki tekstur yang renyah dan renyah, sedangkan buah yang lebih matang mungkin keras atau lebih lunak dan hampir seperti custard, tergantung pada varietasnya.

Di mana saja dari 100 hingga 500 yang dapat dimakan, biji coklat disimpan di dalam buah. Benih satu inci ditutupi oleh membran putih tipis, yang dapat dihilangkan jika mempersiapkan benih untuk dipanggang.

Aroma nangka dewasa telah digambarkan sebagai off-puting, mirip dengan buah matang. Buah yang lebih muda memiliki aroma yang lebih manis. Nangka memiliki rasa yang manis dan rasa yang disamakan dengan pisang, nanas dan bahkan permen karet.

Saat buah matang, umbi menjadi oranye-kuning gelap dan rasanya semakin manis.

Musim/ Ketersediaan

Nangka tersedia di musim panas dan musim gugur.

Fakta Terkini

Nangka adalah buah tropis, yang secara botani dikenal sebagai Artocarpus heterophyllus. Nangka adalah anggota keluarga mulberry, dan merupakan buah pohon terbesar di dunia.

Nangka dikenal karena penampilannya yang seperti telur dinosaurus dan baunya yang sedikit aneh ketika sudah matang. Nama umum, Nangka, kemungkinan merupakan variasi ‘jaca’, istilah Portugis untuk buah raksasa. Ini adalah turunan dari ‘chakka pazham’, nama yang digunakan di India barat daya tempat para pelancong Portugis pertama kali bertemu Nangka.

Buah tropis runcing dianggap sebagai pembangkit nutrisi dan sarat dengan antioksidan sehat. Nangka bahkan telah disebut-sebut sebagai tanaman pengganti potensial untuk gandum dan jagung di daerah-daerah yang terancam oleh perubahan iklim dan meningkatnya populasi.

Nilai Gizi

Nangka sangat padat nutrisi. Ini adalah sumber serat, protein dan vitamin B. Ini juga mengandung kalium, zat besi dan kalsium. Warna kuning-oranye yang dalam dari bohlam Nangka adalah hasil fitonutrien seperti beta-karoten, memberikan buah sifat antioksidan kuat.

Pengaplikasian

Nangka dipotong setengah memanjang, memperlihatkan bubur lunak di sekitar biji. Menggunakan minyak kelapa pada pisau dan tangan dapat mencegahnya agar tidak dilapisi lateks yang ada di kulit dan empulurnya. Menggunakan pisau panjang, potong dari batang memanjang, mendatar, seperti semangka. Setelah Nangka dibelah dua, umbi dapat diangkat dan disingkirkan.

Umbi Nangka dapat dimakan segar, beku, dimasak atau dihaluskan. Nangka muda ditambahkan ke kari dan bisa dipanggang atau dipanggang dan dimakan sebagai sayuran. Ini sering diparut dan digunakan sebagai pengganti daging. Umbi Riper Nangka ditambahkan ke salad.

Buat selai atau es krim dari umbi pure. Mendidih umbi Nangka dalam susu dan kemudian mengeringkan cairan akan menghasilkan konsistensi seperti custard setelah didinginkan. Nangka bisa dikeringkan lalu digoreng dengan minyak, asin dan dimakan seperti keripik kentang.

Biji nangka dapat dipanggang dan dimakan seperti chestnut atau dikeringkan dan ditumbuk menjadi tepung. Nangka tidak bertahan dengan baik setelah matang. Porsi buah siap pakai yang tidak digunakan dapat disimpan selama beberapa hari atau dibekukan selama beberapa minggu.

Mengenai Kultur dan Budaya Buah Nangka

Meskipun asli ke India, Nangka tidak sepopuler, juga tidak dikonsumsi secara luas seperti di daerah lain di Indonesia dan Asia barat daya. Nangka dianggap sebagai “buah orang miskin” di India. Pada tahun 2014, sebuah konferensi nangka internasional diadakan di Universitas Ilmu Pertanian di Bangalore, India. Di sana, para ilmuwan membahas cara memasarkan buah untuk memperluas industri di negara ini.

Sejarah dan Geografi Buah Nangka

Nangka diyakini berasal dari daerah India selatan dan pulau kecil Sri Lanka yang terletak tepat di selatan. Lebih khusus lagi, Nangka mungkin berasal dari daerah pegunungan di barat daya yang dikenal sebagai Ghats Barat, yang diidentifikasi sebagai situs Warisan Dunia.

Lingkungan seperti hutan hujan dianggap oleh PBB sebagai “hotspot” keanekaragaman hayati. Nangka tumbuh subur di lingkungan yang panas dan lembab dan tidak tahan terhadap kekeringan atau beku.

Buah tropis diperkenalkan ke Brasil dan Suriname pada pertengahan 1800-an dan telah ditanam di Hawaii sejak sebelum akhir 1800-an. Ini banyak dibudidayakan di daerah tropis di Asia Tenggara, Amerika Selatan, Afrika, Australia, dan Karibia. Sri Lanka dan Vietnam memiliki industri nangka yang paling mapan.

Nangka segar dapat ditemukan di seluruh wilayah di mana ia dibudidayakan dan di pasar Asia di Eropa dan Amerika Serikat.

Itulah bebarapa info menarik mengenai buah nangka. Untuk mengetahui fakta menarik mengenai tumbuhan lainnya kunjungi bukanarjuna.com. Terimakasih.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*