Tempat Wisata Legenda Jaka Tarub

Kabupaten Grobongan dengan Ibukotanya Purwodadi dengan luas daerah 1. 975, 85 km².

Secara geografis diapit oleh 2 pegunungan kapur ialah pegunungan Kendeng bagian selatan serta pegunungan Kapur utara dibagian utara.

Batasan daerah sebelah timur Kabupaten Blora, sebelah barat Kabupaten Semarang serta Kabupaten demak.

Sebelah selatan Kabupaten Boyolali, Kabupaten Sragen serta Kabupaten Ngawi, disebelah utara Kabupaten Kudus serta Kabupaten Pati.

Kabupaten Grobongan diketahui dengan keajaiban alamnya, kemampuan wisata yang terdapat antara lainya

Wisata Alam

Wisata Alami:

  • Api Abadi Mrapen
  • Bleduk Kuwu
  • Sendang Coyo
  • Sendang Kenyongan
  • Air Terjun Widuri
  • Goa- goa Stalaktit serta Stalakmit

Wisata Alam Buatan:

  • Makam Ki Ageng Selo
  • Waduk Kedung Ombong
  • Waduk Bendung Klambu

Panorama keelokan alam Air Terjun Widuri yang sangat menarik buat didatangi dikala liburan.

pesonanya yang masih nampak natural ini membagikan energi tarik tertentu untuk para wisatawan, terlebih dengan mitos- mitosnya.

Wana wisata air terjun widuri tersebut sangat ramai didatangi oleh turis lokal ataupun luar kota dihari sabtu serta minggu.

Secara grafis air terjun widuri tersebut di apit oleh gunung kendeng bagian selatan serta pegunungan gendeng utara batasan daerah kabupaten grobogan, ialah perbatasan Pati selatan dengan Grobogan utara.

Posisi terletak di tengah kawasan hutan jati Desa Kemaduh Batur, Kecamatan Tawangharjo.

Aksesbilitas berjarak kurang lebih 21 kilometer sebelah timur laut kota Purwodadi di jalur raya Purwodadi Blora kilometer 17. Kabupaten Grobogan, Air terjun widuri mempunyai besar kurang lebih 50 m.

Sampai hingga saat ini Wana wisata air terjun widuri tersebut masih tumbuh, yang pembangunannya dikelola oleh swadaya warga serta akses jalannya di bangun PNPM Mandiri dan LH( lingkungan hidup).

Disamping wisata tersebut sangat berpotensi, pula nampak memajukan desa yang tertinggal, serta sangat menolong untuk para pecinta alam buat menikmati suasna tersebut, serta pencari ispirasi, karana wisata tersebut merupakan salah satu wisata yang sangat tumbuh kususnya di kabupaten Grobogan.

Mesti agak berbukit turun naik bila mau ketempat posisi air terjun, tetapi hawanya sangat sejuk serta dapat memandang panorama alam yang indah disekitarnya.

Tidak cuma panoramannya yang sangat menarik serta indah, tidak hanya itu pemandian air terjun tersebut dipercayai masyarakat setempat serta masyarakat luar wilayah dapat bagaikan pelantara ataupun fasilitas pennyembuhan penyakit kulit di hari tertentu, bila mandi ditempat itu.

Serta nama Widuri sendiri berasal dari kata Widodaren ( Bidadari). Bagi cerita dongeng kearifan lokal masyarakat setempat.


“ konon sesuatu hari Jaka Tarub berangkat mencari di kawasan Gunung Keramat tersebut, kemudian Jaka Tarub Di gunung itu memandang suatu telaga, tempat 7 bidadari mandi. Jaka Tarub mengambil selendang salah satu bidadari.

Kala 7 bidadari berakhir mandi, 6 dari 7 bidadari tersebut kembali ke kahyangan. Sisanya yang satu bidadari tersebut bimbang mencari selendangnya, sebab tanpa itu dia tidak sanggup terbang.

Kesimpulannya munculah Jaka Tarub yang tiba membantu, Bidadari yang bernama Dewi Nawangwulan, sampai bidadari tersebut bersedia turut kembali kerumahnya dan menjadi istrinya.

Setelah itu Keduanya menikah serta memperoleh seseorang gadis bernama Dewi Nawangsih.

Selengkapnya tentang cerita rakyat Indonesia, Legenda Jaka Tarub dan lainnya bisa kalian baca di fatasama.com.

Obyek wisata alam serta religius ini, masih jadi andalan.” Pemerintah Wilayah Grobogan berharap” Mudah- mudahan dengan mengemas profil lewat video visual ini hendak dapat sanggup menarik investor,”.

Objek wisata itu lumayan menarik apabila dikelola handal. Buat itu, Pemerintah Wilayah berharap terdapat investor yang tertarik menanamkan modalnya mengelola objek wisata di Grobogan, kendati dikala ini pemasukan zona pariwisata masih sedikit.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*